Jumat, 11 November 2011

Hari Kesehatan Nasional ke-47


Sehat adalah salah satu hak dasar manusia, juga merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), yang bersama faktor pendidikan dan ekonomi menjadi ukuran untuk menentukan Indeks (pengembangan) SDM. Oleh karena itu, tepat sekali pernyataan yang mengemukakan bahwa : ”Sehat memang bukan segalanya, tetapi apabila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya ”. Di pihak lain, sehat juga perlu diupayakan, dan diperjuangkan.
Hal ini karena banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi untuk mencapai keadaan sehat. Sehat, memang banyak ditentukan oleh perilaku manusia itu sendiri. Namun sehat, juga banyak dipengaruhi oleh masalah kemiskinan, kebodohan, pencemaran lingkungan, dan lain-lain bahkan juga keamanan.
Oleh karena itu, sehat, selain merupakan hak, juga merupakan kewajiban, baik sebagai individu, masyarakat, termasuk swasta/dunia usaha maupun pemerintah.
Pembangunan Kesehatan juga tidak terlepas dari komitmen Indonesia sebagai warga masyarakat dunia untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs). Lima (5) dari delapan (8) agenda MDGs berkaitan langsung dengan kesehatan, yaitu: Memberantas kemiskinan dan kelaparan, Menurunkan angka kematian anak, Meningkatkan kesehatan ibu, Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit lainnya, serta Melestarikan lingkungan hidup. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan sekaligus mencapai tujuan MDGs
harus dilakukan intervensi terhadap faktor penentu terbesar, yaitu perilaku dan lingkungan tanpa mengabaikan faktor keturunan dan pelayanan kesehatan.

Tema : INDONESIA CINTA SEHAT"
pemilihan tema peringatan HKN Ke-47 Indonesia Cinta Sehat mengamanatkan agar seluruh komponen bangsa Indonesia bekerjasama yang sinergis untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan MDGs, dengan melakukan gerakan nyata dalam meningkatkan perilaku sehat masyarakat, menjaga lingkungan yang sehat, dan mengupayakan rakyat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil dan merata.

Masyarakat Indonesia cinta perilaku sehat, cinta lingkungan sehat, dan memiliki kemudahan akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.
seluruh komponen bangsa Indonesia siap bekerjasama untuk mewujudkan, meningkatkan, dan melakukan aksi nyata dalam meningkatkan perilaku sehat masyarakat, menjaga lingkungan yang sehat, selalu  mengupayakan rakyat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil dan merata.

Pesan pendukung dapat dikembangkan oleh berbagai pihak yang dapat mengacu pada pesan pendukung
sesuai tema seperti berikut:
Cinta sehat, Perilaku pasti bersih dan sehat.
Cinta sehat, Lingkungan pasti bersih dan sehat
Cinta sehat, Manfaatkan fasilitas kesehatan untuk tetap sehat.
Gerakan Indonesia untuk hidup bersih dan sehat.
Gerakan Indonesia untuk lingkungan bersih dan sehat.
Gerakan Indonesia untuk pemerataan pelayanan kesehatan
Gerakan Indonesia untuk mencapai Indonesia Sehat

0 komentar:

Posting Komentar